IMAN KEPADA ALLAH SWT
Secara etimologi atau bahasa Iman artinya percaya atau membenarkan, menurut ilmu tauhid iman berarti kepercayaan yang diyakini kebenarannya dalam hati, diikrarkan secara lisan dan direalisasikan dalam perbuatan.
Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan Iman kepada Allah SWT adalah mempercayai atau meyakini akan adanya Allah SWT sebagai tuhan yang maha esa dengan segala kemahasempurnaannya. Kepercayaan tersebut diyakini dalam hati sanubari, diikrarkan dengan lisan, dan dibuktikan dengan perbuatan amal sholeh.
Hukum beriman kepada Allah adalah Fardlu 'ain. jika ada orang mengaku islam, tetapi tidak percaya kepada Allah, maka orang tersebut dianggap telah murtad ( Keluar Dari Islam ).
20 Sifat Allah yang wajib dan mustahil
Sifat Wajib
Bagi Allah:
- Wujud artinya Ada
- Qidam artinya Terdahulu
- Baqa artinya Kekal
- Mukhalafatuhu lilhawadits artinya Tidak sama dengan Makhluk
- Qiyamuhu Binafsihi artinya tidak berhajat kepada Makhluk-Nya
- Wahdaniyah artinya Esa,Tunggal
- Qudrat artinya Kuasa
- Iradat artinya Berkehendak
- Ilmu artinya Mengetahui
- Hayat artinya Hidup
- Sama' artinya Mendengar
- Bashar artinya Melihat
- Kalam artinya Berkata-kata
- Kaunuhu Qodirun artinya Keadaannya yangKuasa
- Kaunuhu Muridun artinya Keadaannya yang Berkehendak
- Kaunuhu 'Alimun artinya Keadaannya yang Mengetahui
- Kaunuhu Hayyun artinya Keadaannya yang Hidup
- Kaunuhu Sami'un artinya Keadaannya yang Mendengar
- Kaunuhu Bashirun artinya Keadaannya yang Melihat
- Kaunuhu Muttakallimun artinya Keadaannya yang Berkata-kata.
Sifat Mustahil
Bagi Allah:
- 'Adam artinya Tiada
- Huduts artinya Baru (ada mempunyai permulaan)
- Fana artinya Binasa (ada mempunya kesudahan)
- Muamasyalatuhu lilhawadits artinya Bersamaan Allah bagi segala yang baru
- Al-layakuna Qaiman Binafsihi artinya Tiada berdiri Allah dengan sendirinya (berhajat kepada makhluk)
- At-Ta'addut artinya Berbilang-bilang / banyak (dua,tiga dst.)
- Al-Ajzazu artinya Lemah
- Al-Karahatu artinya Tertegah (tidak bisa menentukan)
- Al-Jahlu artinya Bodoh / Tidak mengetahui
- Al-Mautu artinya Mati
- Ash-shamamu artinya Tuli
- Al-'Amaa artinya Buta
- Al-Bakamu artinya Bisu
- Kaunuhu 'Aajizun artinya Keadaannya yang Lemah
- Kaunuhu Mukhrohun artinya Keadaannya yang Terpaksa
- Kaunuhu Jaahilun artinya Keadaannya yang Bodoh
- Kaunuhu Mayitun artinya Keadaannya yang Mati
- Kaunuhu Ash-shamun artinya Keadaanya yang Tuli
- Kaunuhu 'Amaa artinya Keadaannya yang Buta
- Kaunuhu Abkamun artinya Keadaannya yang Bisu
Asma'ul Husna
Dalam agama Islam, Asmaa'ul husna (bahasa Arab: أسماء الله الحسنى, asmāʾ allāh al-ḥusnā) adalah nama-nama Allah yang indah dan baik. Asma berarti nama dan husna berarti yang baik atau yang indah, jadi asma'ul husna adalah nama nama milik Allah yang baik lagi indah. Menurut Ilmu Tauhid asma'ul Husna Ialah nama - nama yang baik yang hanya dimiliki oleh Allah Sebagaimana firman Allah :
قُلِ ٱدۡعُواْ ٱللَّهَ أَوِ
ٱدۡعُواْ ٱلرَّحۡمَٰنَۖ أَيّٗا مَّا تَدۡعُواْ فَلَهُ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰۚ
وَلَا تَجۡهَرۡ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتۡ بِهَا وَٱبۡتَغِ بَيۡنَ ذَٰلِكَ
سَبِيلٗا ١١٠
Artinya
Katakanlah:
"Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu
seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah
kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan
carilah jalan tengah di antara kedua itu" (QS. Al Isro’ 17 ayat 110 )
وَلِلَّهِ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰ
فَٱدۡعُوهُ بِهَاۖ وَذَرُواْ ٱلَّذِينَ يُلۡحِدُونَ فِيٓ أَسۡمَٰٓئِهِۦۚ
سَيُجۡزَوۡنَ مَا كَانُواْ يَعۡمَلُونَ ١٨٠
Artinya
Hanya
milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut
asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran
dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa
yang telah mereka kerjakan (QS. Al A’rof 7 ayat 180)
Asma Al-Husna
No. | Nama | Arab | Indonesia |
---|---|---|---|
Allah | الله | Allah | |
1 | Ar Rahman | الرحمن | Yang Maha Pengasih |
2 | Ar Rahiim | الرحيم | Yang Maha Penyayang |
3 | Al Malik | الملك | Yang Maha Merajai (bisa di artikan Raja dari semua Raja) |
4 | Al Quddus | القدوس | Yang Maha Suci |
5 | As Salaam | السلام | Yang Maha Memberi Kesejahteraan |
6 | Al Mu`min | المؤمن | Yang Maha Memberi Keamanan |
7 | Al Muhaimin | المهيمن | Yang Maha Mengatur |
8 | Al `Aziiz | العزيز | Yang Maha Perkasa |
9 | Al Jabbar | الجبار | Yang Memiliki Mutlak Kegagahan |
10 | Al Mutakabbir | المتكبر | Yang Maha Megah, Yang Memiliki Kebesaran |
11 | Al Khaliq | الخالق | Yang Maha Pencipta |
12 | Al Baari` | البارئ | Yang Maha Melepaskan (Membuat, Membentuk, Menyeimbangkan) |
13 | Al Mushawwir | المصور | Yang Maha Membentuk Rupa (makhluknya) |
14 | Al Ghaffaar | الغفار | Yang Maha Pengampun |
15 | Al Qahhaar | القهار | Yang Maha Memaksa |
16 | Al Wahhaab | الوهاب | Yang Maha Pemberi Karunia |
17 | Ar Razzaaq | الرزاق | Yang Maha Pemberi Rezeki |
18 | Al Fattaah | الفتاح | Yang Maha Pembuka Rahmat |
19 | Al `Aliim | العليم | Yang Maha Mengetahui (Memiliki Ilmu) |
20 | Al Qaabidh | القابض | Yang Maha Menyempitkan (makhluknya) |
21 | Al Baasith | الباسط | Yang Maha Melapangkan (makhluknya) |
22 | Al Khaafidh | الخافض | Yang Maha Merendahkan (makhluknya) |
23 | Ar Raafi` | الرافع | Yang Maha Meninggikan (makhluknya) |
24 | Al Mu`izz | المعز | Yang Maha Memuliakan (makhluknya) |
25 | Al Mudzil | المذل | Yang Maha Menghinakan (makhluknya) |
26 | Al Samii` | السميع | Yang Maha Mendengar |
27 | Al Bashiir | البصير | Yang Maha Melihat |
28 | Al Hakam | الحكم | Yang Maha Menetapkan |
29 | Al `Adl | العدل | Yang Maha Adil |
30 | Al Lathiif | اللطيف | Yang Maha Lembut |
31 | Al Khabiir | الخبير | Yang Maha Mengenal |
32 | Al Haliim | الحليم | Yang Maha Penyantun |
33 | Al `Azhiim | العظيم | Yang Maha Agung |
34 | Al Ghafuur | الغفور | Yang Maha Memberi Pengampunan |
35 | As Syakuur | الشكور | Yang Maha Pembalas Budi (Menghargai) |
36 | Al `Aliy | العلى | Yang Maha Tinggi |
37 | Al Kabiir | الكبير | Yang Maha Besar |
38 | Al Hafizh | الحفيظ | Yang Maha Memelihara |
39 | Al Muqiit | المقيت | Yang Maha Pemberi Kecukupan |
40 | Al Hasiib | الحسيب | Yang Maha Membuat Perhitungan |
41 | Al Jaliil | الجليل | Yang Maha Luhur |
42 | Al Kariim | الكريم | Yang Maha Pemurah |
43 | Ar Raqiib | الرقيب | Yang Maha Mengawasi |
44 | Al Mujiib | المجيب | Yang Maha Mengabulkan |
45 | Al Waasi` | الواسع | Yang Maha Luas |
46 | Al Hakiim | الحكيم | Yang Maha Maka Bijaksana |
47 | Al Waduud | الودود | Yang Maha Mengasihi |
48 | Al Majiid | المجيد | Yang Maha Mulia |
49 | Al Baa`its | الباعث | Yang Maha Membangkitkan |
50 | As Syahiid | الشهيد | Yang Maha Menyaksikan |
51 | Al Haqq | الحق | Yang Maha Benar |
52 | Al Wakiil | الوكيل | Yang Maha Memelihara |
53 | Al Qawiyyu | القوى | Yang Maha Kuat |
54 | Al Matiin | المتين | Yang Maha Kukuh |
55 | Al Waliyy | الولى | Yang Maha Melindungi |
56 | Al Hamiid | الحميد | Yang Maha Terpuji |
57 | Al Muhshii | المحصى | Yang Maha Mengalkulasi (Menghitung Segala Sesuatu) |
58 | Al Mubdi` | المبدئ | Yang Maha Memulai |
59 | Al Mu`iid | المعيد | Yang Maha Mengembalikan Kehidupan |
60 | Al Muhyii | المحيى | Yang Maha Menghidupkan |
61 | Al Mumiitu | المميت | Yang Maha Mematikan |
62 | Al Hayyu | الحي | Yang Maha Hidup |
63 | Al Qayyuum | القيوم | Yang Maha Mandiri |
64 | Al Waajid | الواجد | Yang Maha Penemu |
65 | Al Maajid | الماجد | Yang Maha Mulia |
66 | Al Wahid | الواحد | Yang Maha Tunggal |
67 | Al Ahad | الاحد | Yang Maha Esa |
68 | As Shamad | الصمد | Yang Maha Dibutuhkan, Tempat Meminta |
69 | Al Qaadir | القادر | Yang Maha Menentukan, Maha Menyeimbangkan |
70 | Al Muqtadir | المقتدر | Yang Maha Berkuasa |
71 | Al Muqaddim | المقدم | Yang Maha Mendahulukan |
72 | Al Mu`akkhir | المؤخر | Yang Maha Mengakhirkan |
73 | Al Awwal | الأول | Yang Maha Awal |
74 | Al Aakhir | الأخر | Yang Maha Akhir |
75 | Az Zhaahir | الظاهر | Yang Maha Nyata |
76 | Al Baathin | الباطن | Yang Maha Ghaib |
77 | Al Waali | الوالي | Yang Maha Memerintah |
78 | Al Muta`aalii | المتعالي | Yang Maha Tinggi |
79 | Al Barru | البر | Yang Maha Penderma (Maha Pemberi Kebajikan) |
80 | At Tawwaab | التواب | Yang Maha Penerima Tobat |
81 | Al Muntaqim | المنتقم | Yang Maha Pemberi Balasan |
82 | Al Afuww | العفو | Yang Maha Pemaaf |
83 | Ar Ra`uuf | الرؤوف | Yang Maha Pengasuh |
84 | Malikul Mulk | مالك الملك | Yang Maha Penguasa Kerajaan (Semesta) |
85 | Dzul Jalaali Wal Ikraam | ذو الجلال و الإكرام | Yang Maha Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan |
86 | Al Muqsith | المقسط | Yang Maha Pemberi Keadilan |
87 | Al Jamii` | الجامع | Yang Maha Mengumpulkan |
88 | Al Ghaniyy | الغنى | Yang Maha Kaya |
89 | Al Mughnii | المغنى | Yang Maha Pemberi Kekayaan |
90 | Al Maani | المانع | Yang Maha Mencegah |
91 | Ad Dhaar | الضار | Yang Maha Penimpa Kemudharatan |
92 | An Nafii` | النافع | Yang Maha Memberi Manfaat |
93 | An Nuur | النور | Yang Maha Bercahaya (Menerangi, Memberi Cahaya) |
94 | Al Haadii | الهادئ | Yang Maha Pemberi Petunjuk |
95 | Al Badii' | البديع | Yang Maha Pencipta Yang Tiada Bandingannya |
96 | Al Baaqii | الباقي | Yang Maha Kekal |
97 | Al Waarits | الوارث | Yang Maha Pewaris |
98 | Ar Rasyiid | الرشيد | Yang Maha Pandai |
99 | As Shabuur | الصبور | Yang Maha Sabar |
Fungsi Iman kepada Sifat - Sifat Allah dan Asm'aul Husna
Berusaha menjadi orang berguna, penghayatan terhadap sifat wajib wujud ( ada ) mendorong setiap orang yang beriman ( mukmin ), untuk selalu menjadi orang yang berguna, baik bagi dirinya, keluarganya maupun bangsa, negara dan agamanya. Rosululloh bersabda :
خير الناس انفعهم للناس
Artinya : Orang yang paling baik adalah orang yang hidupnya paling berguna bagi orang banyak (Al Hadits).
اكمل المؤمنين ايمانا احسنهم خلقأ
Artinya :
Orang - orang mukmin yang paling sempurna imannya, ialah yang terbaik budi pekertinya ( H.R. Tirmidji ).
Berusaha menjadi mukmin yang bertaqwa, penghayatan terhadap sifat arrohim ( maha penyayang, pemberi kenikmatan yang pelik -pelik dan kenikamatan diakhirat pengayatan terhadap sifat Allah yang seperti itu diharapkan dapat mendorong orang - orang beriman untuk betul - betul bertaqwa kepada Allah SWT dan tidak berbuat durhaka kepadaNya. Berusaha agar lebih maju Allah wajib bersifat Ilmu ( Maha Mengetahui ). Allah SWT bernama Al Alim ( Maha mengetahui segala yang berwujud ini ) penghayatan terhadap sifat dan nama Allah SWT seperti tersebut dapat mendorong orang beriman untuk melakukan usaha - usaha agar ilmu pengetahuannya dalam berbagai bidang terus meningkat kearah yang lebih baik/maju sebagaimana firman Allah :
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ
ءَامَنُوٓاْ إِذَا قِيلَ لَكُمۡ تَفَسَّحُواْ فِي ٱلۡمَجَٰلِسِ فَٱفۡسَحُواْ
يَفۡسَحِ ٱللَّهُ لَكُمۡۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُواْ فَٱنشُزُواْ يَرۡفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ
ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ دَرَجَٰتٖۚ وَٱللَّهُ بِمَا
تَعۡمَلُونَ خَبِيرٞ ١١
Artinya :
Hai orang-orang beriman apabila dikatakan
kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah
niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan:
"Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan
orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu
pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
( Q.S. Al Mujadilah, 58 : 11 ).Berusaha Menjadi orang pemaaf penghayatan terhadap sifat Al Ghoffar yang berarti maha pengampun dapat mendorong orang muslim untuk menjadi orang yang pemaaf.
Kamus Istilah
- Ilmu Tauhid yaitu ilmu yang menganalisa soal - soal yang berhubungan dengan Allah.
- Takwa ketaatan menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya.
- Sifat Jaiz bagi Allah Allah bebas berbuat atau tidak berbuat sesuai dengan irodahnya.
- Salbiyah Sifat - sifat Allah yang menolak/meniadakan sifat sifat yang tidak sesuai dengan allah SWT atau tidak mungkin dan tidak layak baginya.
- Ma'ani Sifat - sifat Allah SWt yang memastikan dan meyakinkan bahwa Allah SWT bersifat dengan sifat - sifat tersebut.
0 Response to "IMAN KEPADA ALLAH SWT"
Posting Komentar