IKLAN

QS. Al-An'am Tentang Keikhlasan Beribadah



قُلۡ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحۡيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ ١٦٢ لَا شَرِيكَ لَهُۥۖ وَبِذَٰلِكَ أُمِرۡتُ وَأَنَا۠ أَوَّلُ ٱلۡمُسۡلِمِينَ٦٣

Artinya 
Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam ( 162 ). Tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)" ( 163 ) ( QS. Al An’am 6 : 162 – 163 ).

Penjelasan 
  • Allah menyuruh kepada hambanya agar dalam menyakini kebenaran Islam dan mengamalkan seluruh ajarannya itu dilandasi dengan niat ikhlas karena Allah SWT semata. 
  • Niat adalah dorongan yang tumbuh dalam hati manusia untuk melakukan amalan tertentu. Sedangkan Ikhlas secara harfiah berarti murni, suci atau bersih, dalam mengamalkan ajaran islam hendaknya dilandasi dengan niat ikhlas karena Allah SWT, maksudnya dengan kesadaran semata - mata hanya mentaati perintah dan memperoleh ridlonya. 
  • Orang yang ikhlas dinamakan Mukhlis jamaknya Mukhlisun/Mukhlisin.
  • Amal sholeh yang dilandasi riya ( memperlihatkan ) atau sum'ah ( memperdengarkan ) tentu tidak akan diterima oleh Allah SWT 
  • Agar setiap muslim mengawali perbuatan baiknya dengan Basmalah sebagaimana Sabda Rosululloh.
كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه بـ ” بسم الله ” فهو أبتر ” ، أي: ناقص البركة.
Setiap perkara (kehidupan)  yang tidak dimulai dengan BISMILLAAHIR-RAHMAANIR-RAHIIM, maka dia akan terputus. Artinya adalah kurang barakahnya”
Kamus Istilah 
  • Riya' yaitu Memperlihatkan ibadah dengan maksud bukan karena Allah SWT, tetapi karena sesuatu selain Allah Misalnya karena ingin mendapatkan pujian orang lain atau karena ingin mendapatkan pujian orang lain atau karena ingin memperoleh keuntungan dunia. 
  • Sum'ah yaitu Memperdengarkan ibadah dengan maksud bukan karena Allah SWT, tetapi karena sesuatu selainNya. 
  • Ibadah yaitu Segala ketaatan yang dikerjakan untuk memperoleh keridloaan Allah SWT dan mengharapkan pahalanya diakhirat.     

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "QS. Al-An'am Tentang Keikhlasan Beribadah "

Posting Komentar