IKLAN

Kompetensi Al qur'an : QS. Al Baqoroh 2 ayat 30 Tentang Peranan Manusia Sebagai Kholifah



وَإِذۡ قَالَ رَبُّكَ لِلۡمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّي جَاعِلٞ فِي ٱلۡأَرۡضِ خَلِيفَةٗۖ قَالُوٓاْ أَتَجۡعَلُ فِيهَا مَن يُفۡسِدُ فِيهَا وَيَسۡفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحۡنُ نُسَبِّحُ بِحَمۡدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَۖ قَالَ إِنِّيٓ أَعۡلَمُ مَا لَا تَعۡلَمُونَ ٣٠


Artinya 
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu, orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui" ( Al Baqoroh 2 : 30 )
 
Penjelasan 
  • Manusia pertama yang diciptakan Allah adalah Adam as. Kemudian, Allah SWT menciptakan istrinya Hawa. Dari pasangan suami istri Adam dan Hawa inilah lahir anak laki-laki dan wanita, cikal bakal semua manusia di Bumi. 
  • Kedudukan manusia adalah sebagai kholifah Allah atau pengganti Allah, yang diberi tugas untuk memelihara dan melestarikan alam, mengambil manfaat serta menggali dan mengolah kekayaan alam demi terwujudnya kedamaian, kemakmuran dan kesejahteraan umat manusia. 
  • Umat manusia dapat melaksanakan tugas tersebut apabila semasa hidup meningkatkan jasmani dan rohani ( Akal, Nafsu dan Kalbu ) kearah hal hal yang positif serta ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Selain itu umat manusia harus selalu ingat Allah ( zikrulloh ) serta Taqwa kepada Allah. 
  • Jika manusia tidak mengikuti petunjuk Allah dan Rasul-Nya, mereka meperturutkan nafsu setan maka manusia akan menuju kehancuran dan kebinasaan, sebagaimana Firman Allah QS. Ar Rum 30 ayat 41.


ظَهَرَ ٱلۡفَسَادُ فِي ٱلۡبَرِّ وَٱلۡبَحۡرِ بِمَا كَسَبَتۡ أَيۡدِي ٱلنَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعۡضَ ٱلَّذِي عَمِلُواْ لَعَلَّهُمۡ يَرۡجِعُونَ ٤١

Artinya

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) ( QS. Ar-rum, 30 ayat 41 )
 
  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kompetensi Al qur'an : QS. Al Baqoroh 2 ayat 30 Tentang Peranan Manusia Sebagai Kholifah"

Posting Komentar